time

Batman Begins Background

Kamis, 13 Oktober 2011

Aplikasi Internet Browser

1. Aplikasi Internet Browser

Aplikasi internet browser adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk mengakses file-file internet dari sebuah web server. Dengan bahasa lain aplikasi internet browser juga dapat dikatakan sebagai web browser. Saat ini kita sebagai pengguna internet mengenal banyak sekali aplikasi web browser diantaranya Internet Explorer yang terintegrasi dengan Windows Operating System dan Safari yang menjadi paket dari Mac OS. Selain itu banyak penyedia aplikasi web browser yang sangat populer saat ini. Berikut ini adalah 5 peringkat web browser tercepat di dunia versi
http://willyvian.blogspot.com/:
  1. Mozilla Firefox
  2. Google Chrome
  3. Internet Explorer
  4. Opera
  5. Safari
  6. Maxhton
  7. Flock
  8. Avant Browser
  9. Deepent Explorer
  10. Phaseout
Dapat kita simpulkan bahwa aplikasi web browser merupakan aplikasi yang wajib dimiliki untuk menjelajah dunia maya.
1.1.   Add-Ons
Add-ons adalah suatu program kecil yang ditambahkan ke dalam suatu web browser untuk memperkaya tampilan sebuah web browser. Biasanya sebuah add-ons dibuat dengan bahasa html, javascript maupun flash yang memang sangat menarik dari segi penampilan pada web browser. Add-ons biasanya berbentuk tools yang berguna sehari-hari seperti jam, kalender, pemantau cuaca yang disajikan dengan visualisasi yang menarik namun sederhana dan ringan untuk ditampilkan dalam web browser.Di mozilla misalnya, kita dapat mendapatkan add-ons dengan mengakses menu utama pada jendela firefox. Disini kita akan dibawa menuju https://addons.mozilla.org/en-US/firefox untuk mendapatkan add-ons yang kita inginkan.
2. Web 2.0
Web 2.0 pertama kali dicetuskan oleh O’Reilly Media pada tahun 2003 dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004. Web 2.0 sendiri merupakan pengembangan dari bahasa pemprograman web yang memungkinkan kita untuk menjalankan sebuah software yaang berjalan melalui media internet dengan bantuan web browser tanpa perlu dilakukan penginstalan. Misalnya saat kita ingin melihat video di Youtube, tanpa perlu kita mengunduh sebuah video tersebut, kita dapat langsung melihat video tersebut di halaman web yang kita kunjungi tersebut. Web 2.0 juga memungkinkan kita untuk menjalankan aplikasi office tanpa harus kita install aplikasi tersebut kedalam komputer kita. Kita hanya perlu menjalankan aplikasi tersebut menggunakan sebuah web browser.
Hal ini menjadi titik balik bahwa sebuah software tidak terbatas pada platform tertentu saja, namun dapat dijalankan dengan multi platform sehingga kapan saja dan dimana saja kita dapat mengakses program yang kita butuhkan. Sehingga secara signifikan perbedaan antara web 1.0 dengan web 2.0 terletak pada kemudahan layanan yang kita dapat. Sehingga dengan web 2.0 kita dapat mengeksplorasi fitur-fitur dalam sebuah web browser. Atau bahkan untuk sekedar berinteraksi dengan pegguna yang lain dalam sebuah web.
3. Adobe AIR
Adobe AIR adalah sebuah runtime yang diinstal pada aplikasi browser sehingga kita dapat menjalankannya secara offline seperti aplikasi dekstop pada umumnya.
4. Microsoft Silverlight dan Adobe Flash
Adobe Flash dan Microsoft Silverlight memungkinkan kita untuk menambahkan animasi pada situs web sehingga tampilan pada situs tersebut akan terlihat lebih menarik, namun untuk menjalankannya tidak diperlukan banyak akses memory sehingga tetap ringan dan mampu untuk dijalankan pada koneksi internet yang terbatas.
5. E-mail
Dengan adanya fasilitas email dalam internet memungkinkan kita untuk dapat menirim pesan kepada seseorang layaknya surat konvensional dan tidak terbatas dengan batasan-batasan negara misalnya karena dengan email kita dapat mengirim surat kepada siapa saja di seluruh dunia dengan waktu yang tidak terbatas.
6. Scribd dan Slideshare
Scribd dan Slideshare adalah situs web penyedia layanan yang memungkinkan pengguna yang terdaftar di dalamnya untuk membagi / share berbagai dokumen sehingga dapat dibaca oleh pengguna yang lain di seluruh dunia.  Untuk scribd hanya terkonsentarsi pada dokumen yang diberi nama iPaper sedangkan Slideshare lebih umum dimana kita dapat menemukan file presentasi bahkan video-video tutorial yang sangat berguna bagi para pelajar, mahasiswa maupun para pengusaha untuk dapat menambah wawasan tentang berbagai gagasan baru yang ditemukan.
7. Forum
Forum adalah sebuah aplikasi internet yang dapat kita akses menggunakan web browser yang memungkinkan kita untuk melakukan diskusi dengan banyak orang. Selain dapat berbagi gagasan baru, dengan forum juga dapat menjadi ajang untuk bertukar informasi di seluruh dunia tanpa adanya batasan-batasan wilayah tertentu. Dengan adanya forum, diskusi tidaklah harus bertatap muka antara satu dengan yang lain, sehingga dapat dilakukan dengan siapa saja dan dimana saja.
8. Evernote
Evernote adalah sebuah layanan yang memungkinakan kita untuk menulis sebuah catatan pribadi seperti ide, inspirasi, pengalaman secara online dan dilindungi oleh sistem keamanan enkripsi SSL. Evernote memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit catatan dimanapun kita berada dengan dukungan multi platform, sehingga tidak perlu menggunakan web browser pada komputer saja kita dapat mengakses Evernote tersebut. Dapat di pastikan, momen-momen yang penting dapat di simpan dengan aman.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More